6+ Huruf Idgham Bighunnah dan Bilaghunnah dan Contohnya


Apa itu Huruf Idgham Bighunnah dan Bilaghunnah akan dibahas di bawah ini nanti. Hanya saja, sebelum memulai pembahasan itu, akan elok kiranya jika membahasnya dengan runtut dari pengertian, huruf, lantas menuju pada contoh. Bukankah demikian?

Idgham


Idghom adalah satu hukum Nun Mati atau Tanwin ketika di depannya terdapat Huruf Idghom. Tapi begitu, ada syarat khusus terkait ini. Sebab, posisi nun mati dan Huruf Idghom tidak boleh berada di dalam satu kata. Bila itu terjadi, maka hukum bacaan bukan lagi Idghom, melainkan Idzhar Mutlak.

Idghom terbagi menjadi dua, yakni;
  1. Idghom Bigunnah yang memiliki 4 huruf
  2. Idghom Bilagunnah yang memiliki 2 huruf
Keduanya memiliki cara baca berbeda. Dan untuk itu, keterangan terkait bagaimana cara bacanya, Anda bisa membaca pada penjelasan selanjutnya.

Baca Juga;

Huruf Idgham


Seluruh Huruf Idghom berjumlah enam, terkumpul dalam lafadz يَرْمُلُونَ. Empat untuk bagian Idghom Bigunnah, dan dua untuk bagian Bilagunnah. 4 Huruf Idghom Bigunnah terkumpul dalam lafadz يَنْمُو, sedang sisanya adalah milik Idghom Bilagunnah, yakni ل dan ر.

Bagaimana cara membacanya? Untuk Idghom Bilagunnah, dibaca dengan mengganti Nun Mati atau Tanwin dengan tasydid yang diletakkan pada Huruf Idghom. Dengan catatan tanpa memberi ghunnah sama sekali. Ini berbeda dengan cara membaca Idghom Bigunnah yang menggunakan ghunnah sepanjang satu alif. Selengkapnya, baca; 29 Huruf Hijaiyah dan Cara Bacanya

Contoh Huruf Idgham di depan Nun Mati

Contoh Huruf Idgham Bighunnah dan Bilaghunnah berikut disajikan dalam bentuk tabel. Dengan begitu, Anda akan lebih mudah mengamatinya.

No
Huruf
Contoh
Surat dan Ayat
1
ي
مَنْ يَشَاءُ
Annur: 38
2
ن
مِنْ نُورٍ
Annur: 40
3
م
وَآَتُوهُمْ مِنْ مَالِ
Annur: 33
4
و
مِنْ وَرَثَةِ
Assyu’ara: 85
5
ل
فَإِنْ لَمْ تَجِدُوا
Annur: 28
6
ر
مِنْ رَبِّكَ
Al-Qoshos: 32

Cara baca contoh di atas adalah dengan mengubah Nun Mati menjadi seperti Huruf Idghom di depannya. Lantas, menyatukan dua huruf yang sama tersebut hingga menjadi huruf yang bertasydid. Berikan ghunnah sepanjang satu alif untuk Idgham Bigunnah, tidak untuk Idghom Bilagunnah.

Contoh Huruf Idgham di Depan Tanwin

Huruf Idghom pada contoh di bawah adalah Huruf Idghom yang ada di depan Tanwin. Cermati contoh, fokus pada bagian tanwin dan Huruf Idghomnya. Terkait cara baca, dijelaskan pada paragraf di bawah tabel.

No
Huruf
Contoh
Surat dan Ayat
1
ي
يَوْمَئِذٍ يُوَفِّيهِمُ
Annur: 25
2
ن
يَوْمَئِذٍ نَاعِمَةٌ
Al-Ghosyiyah: 8
3
م
كُلَّ وَاحِدٍ مِنْهُمَا
Annur: 2
4
و
أَوْ مُشْرِكَةً وَالزَّانِيَةُ
Annur: 3
5
ل
لَا تَحْسَبُوهُ شَرًّا لَكُمْ
Annur: 11
6
ر
غَفُورٌ رَحِيمٌ
Annur: 5

Cara membaca contoh-contoh di atas tidak ubahnya dengan cara membaca contoh Huruf Idghom yang berada di depan Nun Mati. Pada bagian Idghom bilagunnah, huruf cukup dimasukkan tanpa diberi ghunnah. Artinya, suara Nun Mati yang dimiliki oleh tanwin digantikan dengan tasydid yang disematkan pada Huruf Idghom. Ambillah contoh yang terakhir, lafadz غَفُوْرٌ رَحِيْم yang dibaca dengan غَفُوْرُ رَّحِيْم.

Demikian penjelasan paparan tentang Huruf Idgham Bighunnah dan Bilaghunnah dalam hukum tajwid lengkap. Semoga serangkaian penjelasan ini dapat bermanfaat bagi segenap pembaca sekalian. Terima kasih.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "6+ Huruf Idgham Bighunnah dan Bilaghunnah dan Contohnya"

Posting Komentar