14+ Huruf As Syamsiah dan Contohnya


Hukum bacaan Alif Lam terbagi menjadi dua bagian. Satu, Al Qomariyah, dan dua, Al Syamsiyah. Masing-masing porsi hurufnya sama. Al Qomariyah memiliki 14 huruf. Sedang jumlah Huruf As Syamsiyah pun sama halnya, ada 14. Namun, sebelum pembahasan menuju pada huruf hukum bacaan ini, pembahasan akan lari ke pengertian terlebih dahulu.

As Syamsiyah


Secara kamus, Syamsiyah berarti matahari. Ketika Anda melihat matahari, Anda tidak akan bisa melihatnya dengan jelas. Perumpamaan semacam inilah yang lantas dijadikan sebagai penyebutan hukum Alif Lam ini. Lalu, bagaimana Al Syamsiyah secara pengertian?

Pengertian Alif Lam Syamsiyah adalah, ketika salah satu Huruf Al Syamsiyah berada di depan Alif Lam. Itu saja. Tentang penyebutannya, ada yang menyebut Al Syamsiyah ini dengan Idgham Syamsiyah. Alasannya, hukum bacaan asli Al Syamsiyah adalah Idgham.

Huruf As Syamsiyah


Menghapal Huruf Al Syamsiyah biasa dilakukan dengan menghapal syair. Huruf-huruf itu diletakkan pada huruf pertama setiap kata yang menyusun syair berikut untuk mempermudah.

طبْ ثُمَّ صِلْ رَحْمًا تَفُزْ ضِفْ ذَا نِعَمْ * دَعْ سُوءَ ظَنِّ زُرْ شَرْيفًا للكَرَمْ

Lalu bagaimana cara membacanya? Persis seperti bagaimana membaca Idghom kebanyakan. Suara Lam milik Alif Lam hilang total, digantikan dengan huruf yang sama dengan huruf setelah Alif Lam, tetapi dalam keadaan disukun. Keduanya lantas disatukan menjadi huruf bertasydid. Itu mengapa, pada penulisan Al Syamsiyah selalu ditemukan tanda tasydid yang disandang huruf setelah Alif Lam tersebut.

Contoh As Syamsiyah dalam Al-Qur'an

Contoh As Syamsiyah di bawah ini tersaji dalam bentuk tabel. Jumlahnya sesuai dengan berapa banyaknya Huruf As Syamsiyah. Sebab, masing-masing huruf hijaiyah tersebut diberi satu contoh. Tabel dilengkapi juga dengan cara baca untuk menunjukkan bahwa suara Lam pada Al Syamsiyah ini benar-benar tidak terlihat alias melebur.

No
Huruf
Contoh
Surat dan Ayat
Cara Baca
1
ال + ت
وَأَنْزَلَ التَّوْرَاةَ
Ali Imran: 3
Wa-anzalat tauraah
2
ال + ث
مِنَ الثَّمَرَاتِ
Al Baqarah: 22
Minats tsamaraat
3
ال + د
يَوْمِ الدِّينِ
Al Fatihah: 4
Yaumid diin
4
ال + ذ
وَالذَّاكِرِينَ
Al Ahzab: 35
Wadz dzaakiriin
5
ال + ر
الرَّحْمَنِ
Al Fatihah: 1
Arrohmaan
6
ال + ز
وَآَتُوا الزَّكَاةَ
Al Baqarah: 43
Wa aatuz zakaah
7
ال + س
هُمُ السُّفَهَاءُ
Al Baqarah: 13
Humus sufahaa’
8
ال + ش
هَذِهِ الشَّجَرَةَ
Al Baqarah: 35
Hadzihisy syajarah
9
ال + ص
وَأَقِيمُوا الصَّلَاةَ
Al Baqarah: 43
Wa aqiimush sholaah
10
ال + ض
وَلَا الضَّالِّينَ
Al Fatihah: 7
Waladl dlaalliin
11
ال + ط
فَوْقَكُمُ الطُّورَ
Al Baqarah: 63
Fauqakumut thuur
12
ال + ظ
مِنَ الظَّالِمِينَ
Al Baqarah: 35
Minadh dhoolimiin
13
ال + ل
وَيَلْعَنُهُمُ اللَّاعِنُونَ
Al Baqarah: 159
Wayal’anuhumul laa’inuun
14
ال + ن
أَتَأْمُرُونَ النَّاسَ
Al Baqarah: 44
Ata’muruunan naasa

Dan kiranya penjelasan ini menjadi cukup. Semoga pembahasan tentang Huruf As Syamsiyah serta contohnya dalam Al-Qur'an beserta surat dan ayatnya ini memberi kebaikan, juga menambah kepahaman. Terima kasih.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "14+ Huruf As Syamsiah dan Contohnya"

Posting Komentar