7+ Macam Lagu Qiroah Beserta Penjelasannya Lengkap

Anjuran yang selalu ditekankan ketika membaca Alquran adalah membacanya dengan tartil. Maksud membaca dengan tartil adalah membacanya dengan indah. Tidak hanya dengan tajwid yang benar dan sesuai hukum bacaannya saja, memperindah bacaan Alquran juga dilakukan lewat lagu dan irama-irama tertentu. Lagu dan irama itulah yang sering disebut dengan lagu Qiraat Al-Qur'an. Lantas, macam macam lagu qiroah itu apa saja?


Macam Lagu Qiroah


Setidaknya ada 7 jenis lagu qiroah yang banyak terlaku dan akan dipaparkan dalam artikel ini. Lagu-lagu tersebut adalah lagu bayati, shoba, hijaz, dan nahawand. Tiga lainnya adalah lagu rost, jiharkah, dan sikah. Sebagai tambahan, masing-masing dari tujuh lagu itu memiliki beberapa cabang dan tingkat nada berbeda-beda.
Selengkapnya, baca; “Ilmu Qira’at” Pengertian, Dasar Hukum, dan Sejarah

Lagu Bayati


Lagu Bayati adalah lagu yang paling banyak digunakan oleh para qori’. Untuk setiap lomba qiroah, biasanya Lagu Bayati tidak pernah dihilangkan dan sudah menjadi semacam lagu wajib. Lagu bayati ini memiliki empat macam cabang. Masing-masing cabang itu adalah Qoror, Nawa, Jawab, dan Jawabul Jawab.

Qoror adalah tingkatan dasar pada Lagu Bayati. Lagu ini menjadi nada dasar di mana seorang qori’ mengambil nada. Berikutnya, Lagu Bayati yang memiliki nada  menengah adalah Nawa. Nada yang lebih tinggi dari Nawa adalah Lagu Jawab yang akan disambung dengan Lagu Jawabul Jawab. Lagu Jawabul Jawab ini yang nadanya paling tinggi ketika menggunakan Lagu Bayati.

Selain empat lagu di atas, Lagu Bayati juga memiliki lagu variasi lain. Variasi itu adalah Lagu Bayati Husaini dan Lagu Bayati Suri.

Lagu Shoba


Lagu Shoba dalam qiroah memiliki dua tingkat nada. Satu, adalah Lagu Shoba tingkatan Jawab. Tingkatan kedua adalah Lagu Shoba tingkatan Jawabul Jawab. Lagu Jawab merupakan lagu tingkatan nada rendah. Sedang untuk lagu tingkatan nada tinggi adalah Jawabul Jawab.

Variasi untuk Lagu Shoba sendiri memiliki tiga macam variasi lagu. Variasi pertama adalah Lagu Shoba dengan variasi ‘Ajami. Variasi kedua adalah Lagu Shoba dengan variasi Mahur. Dan variasi terakhir dari Lagu Shoba adalah Lagu Shoba dengan variasi Quflah Bastanjar.

Lagu Hijaz


Adalah macam macam lagu qiroah yang berikutnya Lagu Hijaz itu. Variasi pada lagu hijaz berjumlah 4 macam variasi. Variasi pertama adalah Lagu Hijaz variasi Kar yang memiliki nada tengah pada barisan Lagu Hijaz. Variasi kedua adalah Lagu Hijaz variasi Karkur yang memiliki nada jawab. Variasi ketiga dan keempat adalah Lagu Hijaz variasi Naqrisy dan Lagu Hijaz variasi Kur.

Tingkatan nada pada Lagu Hijaz terdiri dari 3 tingkatan. Tingkatan pertama adalah Qoror atau nada rendah pada Lagu Hijaz. Tingkatan lagu kedua adalah Jawab. Sedang tingkatan ketiga yang menjadi nada paling tinggi dalam Lagu Hijaz adalah tingkatan Jawabul Jawab.

Lagu Nahawand


Variasi lagu pada Lagu Nahawand adalah Lagu Nahawand variasi Nuqrosy dan Lagu Nahawand variasi Murokkab. Lagu Nahawand variasi Nuqrosy memiliki nada rendah, berbeda dengan Lagu Nahawand variasi Murokkab yang memiliki nada tinggi dalam Lagu Nahawand. Tambahan, tingkatan nada dalam Lagu Nahawand hanya ada dua, yaitu Jawab dan Jawabul Jawab.

Lagu Rost


Lagu Rost memiliki variasi tiga lagu. Pertama adalah Lagu Rost variasi Usyaq. Kedua adalah Lagu Rost variasi Zanjiron. Sedang variasi Lagu Rost ketiga adalah Lagu Rost variasi Syabir Alarros. Sedang begitu, tingkatan nada pada Lagu Rost hanya ada dua tingkatan. Tingkatan nada tersebut adalah nada Jawab dan nada Jawabul Jawab.

Lagu Jiharkah


Lagu qiroah yang berikutnya adalah Lagu Jiharkah. Lagu Jiharkan memiliki satu variasi saja, yaitu Lagu Jiharkah variasi Kurd. Tingkatan nada dalam Lagu Jiharkah sendiri terdiri dari dua tingkatan nada. Nada pertama adalah nada Jawab. Sedang nada kedua adalah nada Jawabul Jawab.

Lagu Sikah


Lagu Sika memiliki 4 variasi lagu. Pertama, Lagu Sika variasi Misri. Kedua, Lagu Sika variasi Turki. Ketiga dan keempat adalah Lagu Sika variasi Roml dan Lagu Sika variasi Uroq. Tingkatan nada pada Lagu Sika terdiri dari Nada Qoror atau nada rendah, Nada Jawab atau disebut juga nada tengah, dan Nada Jawabul Jawab sebagai nada tertinggi.

Tujuh lagu yang disebutkan di atas adalah macam macam lagu qiroah yang cukup populer di kalangan ahli qiroah Indonesia. Di luar, Indonesia, bisa jadi Anda akan menemukan lagu dengan variasi-variasi yang berbeda, yang mungkin akan jauh lebih banyak.
Baca jugaHukum Tajwid Lengkap [Versi Ringkasan & Rangkuman]
Demikianlah tulisan mengenai Macam Lagu Qiroah Beserta Penjelasannya. Semoga dengan adanya tulisan ini bisa memberikan wawasan dan juga pengetahuan bagi segenap pembaca yang sedang mendalami tentang "Ilmu  Qiroat". Trimakasih, baca juga artikel lainnya;

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "7+ Macam Lagu Qiroah Beserta Penjelasannya Lengkap"

Posting Komentar