Riwayat Hidup Para Imam Qira'at Sab’ah [Lengkap]

Riwayat Hidup Para Imam Qiraat Sab’ah [Lengkap]


HukumTajwid.Com- Setelah kami memberikan sejarah mengenai Riwayat Hidup Para Imam Nafi' sebagai salah satu tokoh Qira'at Sab’ah. Dalam penjabaran selanjutnya tentu agar lebih melengkapinya kami utaran beberapa tokoh lain yang dikenal sebagai Para Imam Qira'at Sab’ah.
Baca Juga; Riwayat Hidup Imam Nafi Qiraat Sab’ah

Riwayat Hidup Para Imam Qira'at Sab’ah


Ibnu Katsir  

Nama lengkapnya adalah abdullah bin katsir. Ia lahir dan wafat di kota mekkah. Lahir pada tahun 45 H dan wafat pada tahun 120 H. Sebagai imam qiraat di mekkah ibnu katsir terkenal dengan lidahnya yang fasih dan menguasai bahasa arab dengan baik.

Ia sempat menemui beberapa orang sahabat, di antaranya adalah abdullah bin zubair, abu ayub al-anshariy dan anas bin malik. Adapun sanad bacaanya adalah dari sahabat ubay bin ka’ab dan umar bin khathab dan kedua sahabat tersebut membaca dari rasulullah SAW. Dua orang perawinya antara lain :

Bazzy

Nama lengkap nya adalah ahmad bin muhammad bin abdullah bin al qasim. Ia lahir pada tahun 170 H. Sedang wafatnya pada tahun 250 H di kota mekkah. Seperti halnya gurunya, bazzi teekenal sebagai guru (ahli) qiraat di kota mekkah dan juga terkenal sebagai muazin di masjidil haram.

Qunbul

Qunbul adalah nama julukan, nama lengkapnya adalah muhammad bin abdurrahman bin muhammad al- makhzumi. Ia lahir pada tahun 195 H di kota mekkah dan wafat pada tahun 291 H juga di kota mekkah. Ia juga terkenal sebagai guru membaca alqur’an di hijaz dan banyak orang datang dari banyak daerah yang jauh untuk belajar al-qur’an.

Abu Amr

Nama lengkapnya adalah zabban bin Ala’ bin Ammar. Ia lahir lahir di kota mekah pada tahun 68 H. Imam abu amr kemudian merantau ke daerah dan mengajar al-qur’an di sana. Setelah ia pindah ke kufah hingga wafatnya pada tahun 154 H.

Ia terkenal sebagai seorang yang sangat mengerti tentang al-qur’an serta jujur. Seorang ulama besar sufyan bin uyainah pernah bercerita bahwa ia pernah bermimpi bertemu rasulullah saw dan bertanya bahwa orang banyak berselisih qiraat, mana qiraat yang patut di ikuti, rasulullah menjawab bacalah menurut qiraat abu amr.

Adapun sanad yang di miliki abu amr adalah sebagai berikut:

Duriy

Nama lengkapnya adalah abu amr hafs bin umar bin abdul aziz yang populer dengan julukan duriy. Duriy terkenal dengan ulama’ qiraat pada masanya di samping terkenal sebagai orang pertama yang mengumpulkan qiraat-qiraat. Dia mengajar dan wafat di kota baghdad pada tahun 246 H. 

Susy

Nama lengkapnya adalah abu syuaib sholeh bin ziyad bin abdullah bin as-susiy di kota bashrah tempat ia menetap dan wafat, ia terkenal sebagai qari’ yang baik dan kuat ingatnya. Susy wafat pada tahun 261 H.

Ibnu Amir

Nama lengkapnya adalah abdullah bin amir al-yahsabi. Lahir pada tahun 28 H dan wafat pada tahun 118 H Di damaskus. Selama hidupnya, selain terkenal sebagai seorang muqri’, ia juga seorang ulama yang di segani. Pada masa pemerintahan kholifah umar bin abdul aziz, ibnu amir bertindak sebagai guru besar di masjid al- umawiy yang terkenal.

Ada dua orang perawinya yaitu :

Hisyam

Nama lengakpnya adalah hisyam bin amir ad-dimasyqi. Hisyam di lahirkan pada tahun 153 H. Dan wafat di kota damaskus pada tahun 245 H. Hisyam selain di kenal sebagai qari’ yang masyhur juga terkenal ahli pidato, menguasai hadist dan juga sebagai mufti.

Ibnu Zakwan

Nama lengkapnya adalah abu amr abdullah bin ahmad bin basyir bin zakwan lahir pada tahun 173 H  dan wafat pada tahun 242 H. Semasa hidupnya ia terkenal sebagai qari’ yang sangat terkenal. Abu zahra seorang hafidzh damaskus pernah berkata bahwa tidak terdapat di iraq atau di hijaz atau di syam atau di mesir atau khurasan seorang qari’ yang melebihi ibnu zakwan.

Ashim

Nama lengkapnya adalah abu bakar bin abu nujud al-asadiy. Ashim ini termenal karena menguasai ilmu tajwid dengan baik, memiliki suara yang merdu,serta fasih lidahnya dalam mengucapkan lafazh-lafazh al-qur’an. Ia merupakan maha guru qiraat di kufah dan wafat disana pada tahun 127 H.

Ada dua perawinya di antaranya adalah :

Syu’bah

Nama lengkapnya adalah abu bakar syu’bah bin iyasy bin Salim al-asadiy lahir pada tahun 95 H dan wafat di kota kufah pada tahun 193 H. Syu’bah termsuk qari’ yang banyak mempunyai keistimewaan.
Di samping al-quran dengan segala cabang ilmunya, ia juga terkenal sebagai alim besar. Beliau juga terkenal banyaknya menamatkan al-qur’an. Menurut pengakuannya sendiri yag di sampaikan kepada saudara perempuannya menjelang wafatnya bahwa ia telah menamatkan al-qur’an sebanyak 18.000 kali.

Hafs

Nama lengkapnya adalah abu umar hafs bin sulaiman bin maghirah. Ia lahir pada tahun 90 H dan wafat di kota kufah pada tahun 180 H. Ia di kenal sebagai orang yang paling mengetahui qiraat imam ashim.

Hamzah

Nama lengkapnya adalah abu umamah hamzah bin hubaib az-ziyat rabi’at-taimy. Ia lahir di kota kufah pada tahun 80 H juga wafat di kota kufah pada tahun 156 H. Semasa hidupnya imam hamzah ini terkenal sebagai seorang imam qiraat di kota kufah. Selain itu juga di kenal sebagai orang yang menguasai bahasa arab, ilmu fara’id dan hadis.

Dia juga di kenal sebagai orang waro’. Imam abu hanifah pernah mengatakan tentang imam hamzah ini bahwa ada dua hal yang tidak dapat di bantah dari imam hamzah, al-qur’an dan fara’id. Hamzah sendiri pernah mengatakan bahwa ia tidak membaca satu huruf pun dari al-qur’an kecuali ada atsarnya.
Sanad yang di miliki imam hamzah adalah sebagai berikut:

Kholaf

Nama lengkapnya adalah abu muhammad kholaf bin hisyam al-bazzaz lahir pada tahun 150 H dan wafat dibaghdad tahun 229 H. Pada umur 10 tahun ia telah hafal al-qura’an dan mulai belajar ilmu yang lain pada umur 13 tahun.

Kholad

Nama lengkapnya adalah abu isa khollad bin kholid as-sayrafi. Ia di lahirkan di kota kufah demikian pula wafatnya pada tahun 220 H semasa hidupnya terkenal sebagai imam qiraat yang baik dan arif.

Ali al-Kisa’i

Nama lengkapnya adalah abu hasan ali bin hamzah al-kisa’i. Ia lahir, mengajar, dan wafat di kota kufah, wafat pada tahun 189 H. Semasa hidupnya ia di kenal sebagai seorang yang sangat mengerti tentang qiraat hingga di jadikan imam. Ia mempunyai banyak murid, ketika mengajar ia duduk di kursi dan membaca al-quran dari awal hingga akhir, sedangkan para muridnya tekun mendengarkan. Imam al-kisa’i di kenal sebagai seorang yang menguasai ilmu tata bahasa arab terutama ilmu nahwu. Dua orang perawinya antara lain :

Abu Harits

Nama lenkapnya adalah al-laits bin kholid al-baghdadiy, ia adalah qari’ dan guru al-qur’an, ia wafat pada tahun 240 H.

Dury

Di samping menjadi seorang perawi imam al-kisa’i ia juga menjadi perowi imam abu amr.

Thoriq 

Thariq adalah suatu nama sseorang yang di abadikan lewat bacaan-bacaan al-qur’an sesudah masa periwayat ke bawah. Thoriq adalah penerus dan penyambung dari perowi sehingga kalau di tarik garis lurus dari rasulullah sampai zaman-zaman thoriq akan merupakan jalur-jalur yang bersambung terus. Adapun thoriq dari perowi imam tujuh di antarany sebagai berikut :
  1. Abu nasyith muhammad bin harun ( wafat tahun 258 H) sebagai thoriq dari qolun.
  2. Abu ya’qub yusuf ( wafat tahun 240 H sebagai thoriq dari rowi warsy).
  3. Abu rubai’ah muhammad bin ishaq (wafat tahun 294 H ) Sebagai thoriq dari rowi bazziy.  
  4. Abu bakar ahmad bin nujahid ( wafat tahun 234 H) Sebagai thoriq dari rowi qunbul. 
  5. Abu zahra’ abdurrahman bin abdussalam (wafat tahun 280 H) Sebagai thoriq dari rowi duriy. 
  6. Abu imron musa bin jarir (wafat tahun 316 H) Sebagai thoriq dari rawi susiy.
  7. Abdul Hasan ahmad yazid halmaniy ( wafat tahun 250 H) sebagai thoriq dari rawi hisyam.
  8. Abu abdullah harun bin musa al-akhfasy ( wafat tahun 292 H) sebagai thoriq dari rowi ibnu zakwan.
  9. Abu zakaria yahya bin adam ( wafat tahun 203 H) sebagai thoriq dari rowi syu’bah. 
  10. Abu muhamad ubaid bin syibah (wafat tahun 235 H) sebagai thoriq dari rowi hafs.
  11. Ahmad bin usman bin buyan ( wafat tahun 244 H) sebagai thoriq dari rowi kholaf.
  12. Abu bakar muhammad bin syadzan (wafat tahun 287 H) sebagai thoriq dari harits.
  13. Abu fadlal ja’far bin muhammmad masyabi (wafat tahun 307 H) sebagai thoriq dari rowi duriy kisa’iy.
Demikianlah pebahasan dan juga penulisan mengenai Riwayat Hidup Para Imam Qira'at Sab’ah. Semoga dapat bermanfaat bagi seganap pembaca yang sedang mendalami Al-Qur'an. Trimakasih, baca juga tulisan lainnya;

  1. Pengertian Qoth’u Menurut Bahasa dan Istilah
  2. [4] Jenis-Jenis Waqaf dan Penjelasannya
  3. Pengertian Saktah dan Contohnya Lengkap 


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Riwayat Hidup Para Imam Qira'at Sab’ah [Lengkap]"

Posting Komentar