“Gunnah Musyadah” Pengertian dan Contoh [Lengkap]


“Gunnah Musyadah” Pengertian dan Contoh


Setelah pada penjelasan sebelumnya kita membahas tentang hukum mim dan nun bertasydid. Pada kesempatan kali ini HukumTajwid.Com akan mengemukakan tentang pengertian gunnah musyadah menurut bahasa dan istilah, serta contohnya.
Baca: Hukum Mim dan Nun Bertasydid dalam Ilmu Tajwid


Pengertian Gunnah

Gunnah menurut bahasa memiliki arti dengung (sangau). Sedangkan gunnah menurut istilah adalah suara yang jelas (yang nyaring) yang keluar dari Al-Khaisyum (pangkal hidung) dan tidak menggunakan lidah pada waktu pengucapannya.

Pengertian  Gunnah Musyadah

Musyadah artinya adalah bertasydid atau memakai tasydid. Artinya dalam hal ini adalah huruf mim dan nun yang dalam keadaan bertasydid. Dalam azam Kitab Hidayatul Mustafiq dijelaskan bahwa, dan hendaklah, mim dan nun dibaca dengung (sangau) saat keduanya bertasydid, yang demikian itu dinamakan denga gunnah selamanya.

Cara Membaca Gunnah Musyadah

Cara membaca gunnah musyadah ialah dengan menghentakan suara mim dan nun yang bertasydid, lalau di dengungkan secara nyata ke pangkal hidung. Selama dua sampai dengan tiga harokat (ketukan). Pada waktu proses meng-ghunnahkan huruf mim yang bertasydid, kedua bibir harus dalam keadaan tertutup. Sebaliknya, ketika meng-ghunnahkan huruf nun yang bertasydid, kedua bibur tidak boleh tertutup, karena makhroj nun terjadi bila kedua bibir dalam keadaan terbuka pada saat yang sama ujung lidah menekan Lahmatul Asnan (daging tempat tumbuhnya gigi serti atas).

Contoh Gunnah Musyadah

Sebagai pelengkap dari penjelasan diatas, berikut beberapa contoh dari nun atau mim yang bertasydid (Gunnah Musyadah).

بِرَ بِّ النَّا سِ

Demikianlah penjelasan mengenai  “Gunnah Musyadah” Pengertian dan Contoh [Lengkap]. Semoga dengan adanya penjelasan ini dapat memberikan wawasan dan juga pengetahuan bagi setiap pembaca yang sedang mendalami “Ilmu Tajwid”. Trimakasih, jangan lupa baca juga artikel lainnya;

  1. Hukum Lam Jalalah (اللة) dalam Ilmu Tajwid [Lengkap]
  2. [4] Jenis-Jenis Waqaf dan Penjelasannya
  3. Pengertian Waqof Menurut Bahasa dan Istilah Lengkap

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "“Gunnah Musyadah” Pengertian dan Contoh [Lengkap]"

Posting Komentar